LATIHAN-LATIHAN COREL DRAW

Membuat Efek Engraving Sederhana Di CorelDRAW
1. Siapkan Foto

2. Atur kontrasnya dengan Ctrl+B

3. Diatas foto buat garis lengkung digandakan dengan Blend tool, copy dan putar 90 derajat

5. Seleksi semua garis tadi dan pada Toolbox pilih Transparency tool, kemudian di Property Bar pilih Overlay


6. Selesai, mudah ya..?


Fungsi Kalkulator Pada Menu Transformations Di CorelDRAW
Pertanyaan di Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia "Om mau nanya, mengcopy otomatis melingkar gmn ya ? Makasih"

Maksudnya seperti ini:



Gambar pada pertanyaan seperti ini:


1. Buat Lingkaran dengan Ellipse tool


2. Buat lagi objek lingkaran yang sudah di modifikasi menggunakan Shape tool



3. Seleksi dengan klik doubel geser titik tengah (center) ke titik tengah objek lingkaran seperti gambar dibawah ini


4.  Pada menu Window > Dockers > Transformations > pilih Rotate atau dengan pencet Alt+F8 di keyboard sehingga menu kotak dialog drop down akan tampil di samping kanan layar CorelDRAW,



4. Pada langkah ini fungsi kalkulator bisa difungsikan seperti untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian (+ - / x), sebagai contoh misal kita akan copy rotate objek dengan jumlah 14, caranya seleksi objek kurva lingkaran yang telah diedit itu tadi, kemudian pada kolom Angle of rotateisi 360/15 (360 derajat adalah lingkaran penuh dibagi 15 dan akan muncul angka 24.0, kolom Copiesisi angka 14 (kenapa 14?... 14 karena sudah ada objek aslinya 1 sehingga jumlah 15)


5. Hasilnya seperti ini 360/15 = 24.0, Copies 14+1 =15, kemudian klik Apply

6. Hasil akhir akan seperti gambar dibawah ini... selesai, mudah kan?

Demikian Semoga Bermanfaat... Salam Vector

Membuat / Mendesain Kartu Nama Dengan CorelDraw

Posted by Dodi Buitenzorg on10
Kartu Nama Adalah Selembar Kertas Yang Didesain Biasanya Dengan Dimensi 5 - 6 Cm x 6 - 9 Cm, Yang Berisi Identitas / Informasi Seseorang Atau Perusahaan, Bagi Pebisnis Atau Para Sales, Kartu Nama Ini Adalah Salah Satu Sarana Yang Efektif Di jadikan Promosi untuk Perusahaan / Usaha.  Dan Ini Tidaklah Asing Bagi Kita Bukan ..:


Dan Dalam Kesempatan Kali Ini Saya Mencoba Membuat Thutorialnya. Ini Adalah Sebagai Contoh Belaka.

Berikut Adalah Langkah - Langkah menbuat Kartu Nama menggunakan Program CorelDraw,

1. Buka Program CorelDraw
Setelah Pogram CorelDraw Terbuka, Disini Saya Menggunakan CorelDraw X4, Buatlah Documen Baru Cukup menekan Tombol CTRL + N  Pada Keboard,

2. Membuat Persegi Panjang 
Buatlah Persegi Panjang Dengan Klik Pada Rectangle Tool Pada Deretan Tool Yang Berada Dikiri Lembar Kerja, Setelah Terbentuk Persegi Panjang Atau Kotak, Selanjutnya Kita Ubah Ukuran Persegi Panjang Tersebut, Kita Ketikan Saja Pada Properti Bar Panjang 90 mm Dan Lebar 55 mm Lalu Enter. Maka Sekarang Persegi Panjang Tersebut menjadi 9 Cm x 5.5 Cm.

Sekarang Kita Akan Membulatkan Pada Empat Sudut Persegi Tersebut, Caranya Klik Pada Shape Tool Lalu Klik Pada Salah Satu Sudut Persegi Tersebut Dan Tarik Kebawah, Atas, Kanan Atau Ke Kiri, Sampai Kita Mendapat Bulatan Yang Sesuai.

Gambar Di Bawah Ini Adalah Hasil Dari Langkah di Atas,

3. Menambahkan Lingkaran Dengan Ellipse Tool.
Setelah Klik Pada Ellipse Tool Buatlah Lingkaran ( Agar Lingkaran Bulat Sempurna Tekan Tombol CTRL Pada Keyboard Pada Saat Menggeser Mouse Membuat Lingkaran ), 

Selanjutnya Kita Hanya Membutuhkan Sebagian Dari Lingkaran Tersebut Yaitu Hanya Lingkaran Yang Berada Dalam Persegi Panjang, Dan Sebagiannya Lagi Kita Akan Membuangnya,
Caranya : Aktifkan Lingkaran Yaitu Klik Pada Lingkaran Lalu Sambil Menekan Tombol SHIFT  Pada Keyboard Klik Pada Persegi Panjang Di Lanjutkan Dengan Klik Pada Intersect Di Properti Bar. Atau Klik Menu Arrange > Shaping > Intersect.

Sekarang Kita Buang Lingkaran Yang Berada Di Luar Persegi Panjang Klik Pada Lingkaran Lalu Tekan Tombol DELETE Pada Keyboard, Dan Hasilnya Sekarang Lingkaran Diluar Persegi Hilang,

Setelah Selesai Tahap Di Atas Sekarang Warnai Objek Lingkaran Dan Persegi Tersebut, Klik Pada Lingkaran Kemudian Klik Pada Warna Kuning Pada Palet Warna Yang Berada Disisi Kanan Lembar Kerja. Lalu Di Susul Pada Pesegi Panjang Dengan warna biru.

Sekarang Klik Pada Lingkaran Lalu Klik Pada Transparency Tool, Lalu Drag Ke Atas Kiri Seperti Pada Gambar Di Bawah Ini,

4. Buat Persegi Panjang Ke Dua.
Sekarang Buat Persegi Panjang Dengan  Rectangle Tool.

 Setelah Persegi Di Buat, Warnai Objek Ini Dengan Fountain Fill, Caranya : Klik Pada Fountain Fill Toll Atau Dengan menekan Tombol F11  Pada Keyboard Lalu Akan Muncul Kotak Dialog Fountain Fill Dan Atur Sebagai Berikut : Pada Type Pilih Linear, Angle : 0, Edgepad : 0 %, Color blend : Two Color, Mid : 50,  Dan Warna : Merah Dan Orange. Lalu Klik OK.

 Kemudian Posisikan Persegi Panjang Tersebut Seperti Gambar Dibawah Ini.

5. Menambahkan Nama Perusahaannya Dengan Teks Tool.
Klik Pada Teks Tool Dengan Icon A, Lalu Ketiklah Nama Perusahaan Sebagai Contoh Disini Saya Mengetik Global Cell, Lalu Mewarnai Objek Teks Ini Dengan Warna Putih,
6. Menambahkan Logo.
Sekarang Buat Logo, Klik Pada Teks Tool Lalu Ketik Huruf G, Lalu Perbesar Sedikit Huruf G Ini,  Kemudian Tambahkan Lingkaran Menggunakan Ellipse Tool, Lalu Tempatkan Huruf G Seperti Gambar Di Bawah.
 Setelah Tahap Di Atas Selesai, Klik Pada Huruf G Lalu Sambil Menekan Tombol SHIFT Pada Keyboard KLik Pada Lingkaran, Maka Dua Objek Ini Akan Aktif Lalu Klik Trim Pada Property Bar, Atau Klik Menu Arrange > Shaping > Trim.
Setelah Proses Trim, Maka Sekarang Objek Akan Seperti Di Bawah, Lalu Warnai Dengan Warna Kuning.

7. Mewarnai Logo Dengan Fountain Fill.
Setelah Di Warnai Dengan Warna Kuning Ternyata Logo Ini Kurang Mantap, Maka Disini Saya Memutuskan Mengkombinasi Warna Dengan Fountai Fill, Caranya : Pastikan Objek Telah Aktif, Jika Belum Klik Pada Objek Untuk Mengaktifkannya, Dilanjutkan Klik Pada Fountain Fill.

Maka Akan Muncul Jendela Fountain Fill, Lalu Atur Pada Type : Linear, Angle : 45, Edge Pad : 19 %, Color blend :  Custom, Dan Warna Saya Menggunakan Kuning, Orange Dan Blue Ice. Dan Klik OK.

Maka Hasilnya Akan Seperti.
Buatlagi Persegi Lalu Perkecil Agar Kelihatan Seperti Garis lalu Warnai Dengan Warna Putih, Lalu Tempatkan Seperti Gambar di Bawah.

Buatlagi Teks Dan Tempatkan Di Atas Garis Persegi,
8. Menambahkan Nama Pemilik Kartu Nama Dan Informasi Kontak Juga Alamat.
Copy Persegi Panjang Pada No.4 Dua Kali, Dengan Cara Tekan Tombol CTRL + C Pada Keyboard, Dan Posisikan Persegi Di Bawah Logo, Buat Teks Nama Pemilik Kartu Nama, Dan Posisikan Teks Tersebut Pada Persegi Hasil Copy Ke1, Buat Juga No Handphone Dengan Teks Tooll Dan Posisikan Pada Persegi Hasil Copy Ke2. Atur ukurannya Dengan Menyeret Mouse.

Sekarang Bulatkan Sudut Persegi dengan Shape Tool, Seperti Tahap No 2, Kemudian Buat Teks Lagi Berisikan Alamat  dan Kontak Email.

9. Menghilangkan Garis Pinggir Semua Objek.
Langkah Terakhir Adalah Menghilangkan Garis Pinggir Atau Outpennya, Caranya Seleksi Seluruh Objek Dilanjutkan Dengan Klik Kanan Pada Tanda X ( Silang ) Pada Palet Warna.

Maka Setelah Menghilangkan Garis pinggirnya Selesai Sudah Kartu Nama Di Buat,






Membuat Pola Berulang Dari Tipis Ke Tebal Di CorelDRAW
Beberapa bulan lalu ada teman yang bertanya tentang cara membuat gambar pola sama dari tipis ke tebal, gambar ilustrasinya seperti dibawah ini.


Cara membuat di CorelDRAW ikuti langkah dibawah ini:

1. Buat objek poligon menggunakan Polygon tool
2. Tarik salah satu node kedalam menyerupai bintang daud menggunakan Shape tool 
3. Buat garis perpotongan diantara sudut dengan Freehand tool

4. Seleksi atau pilih semua objek dengan Pick tool kemudian Combine selanjutnya pertebal outline
5. Gandakan objek tersebut (no.4) dan geser kesamping buat agak tebal lagi, untuk mengatur ketebalan kita gunakan menu Outline Pen, pencet tombol F12 untuk membuka perintah itu.

6. Seleksi objek no.4, kemudian klik pada menu Objects pilih Convert Outline to Curves, atau bisa pencet tombol Ctrl+Shift+Q di Keyboart
7. Lakukan seperti langkah no.6

8. Posisikan objek yang tipis diatas dan objek yang tebal dibawah
9. Klik menu Blend tool di Toolbox tekan mouse dan tahan arahkan pada objek tipis dan geser ke objek tebal dan lepas mouse, pada Properti bar isi pada kolom Blend objects jumlah 6, kemudian Break apart dengan pencet Ctrl+K di Keyboard dan Group

10. Gandakan 2 kali ke samping, atur seperti gambar dibawah ini

11. Duplikat lagi dan atur seperti dibawah ini.

12. Tempatkan ditengah tengah persis, seperti ini

13. Kemudian seleksi semua objek dan pada Property Bar pencet tombol Weld

14. Langkah berikutnya seleksi objek dan Break apart dengan pencet tombol Ctrl+K di Keyboard, buang outline yang paling luar, dan seleksi semua objek dan Combine dengan cara pencet tombol Ctrl+L di Keyboard
15. Buat kotak dengan Rectangle tool seperti pada gambar 15, kemudian seleksi semua objek dan pada Property Bar pencet tombol Intersect


16. Hasil Intersect seperti gambar 16 kemudian kotak diperbesar sedikit dan seleksi semua objek kemudian di Combine (Ctrl+L)
17. Sehingga hasilnya seperti gambar 17.. selesai

18. Kalau diaplikasikan pada kayu atau benda lain tampilannya kira kira seperti gambar di bawah ini.





Membuat Efek Outer Glow Di CorelDRAW
Tutorial ini bermula dari suatu pertanyaan anggota Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia, Efek Outer Glow disini maksudnya efek cahaya yang mengelilingi diluar sekitar objek, contohnya seperti gambar dibawah ini:


Cara membuat efek tersebut ikuti langkah dibawah ini:

1. Siapkan gambar vector yang telah dibuat sebelumnya misal sebagai contoh seperti gambar berikut, jangan tanya cara membuatnya sebab sudah sering dibahas tentang itu contohnya bisa lihat disini 'Mendesain Kartun dengan Menu Polyline Tool' oke kita lanjutkan

2. Langkah selanjutnya, beri warna hitam objek kurva gambar orang climbing caranya seleksi objek kemudian klik warna hitam di Color Palette letaknya di pojok kanan

3. Beri juga warna hitam pada objek kotak yang fungsinya sebagai background

4. Selanjutnya seleksi objek kurva gambar orang climbing, pada menu Toolbox pilih Drop Shadow tool dan pada Property Bar klik drop down Preset list pilih Small Glow, hasilnya akan berwarna gradasi putih

5. Untuk mengganti warna, misalnya kita ganti warna orange pada Shadow color yang letaknya di Property bar

6. Sehingga warna bayangan akan berubah menjadi orange, seperti gambar dibawah ini

7. Kita bisa memperhalus efek tersebut dengan cara break apart atau pencet Ctrl+K di keyboard efek Drop Shadow tersebut, kemudian pada menu Bitmaps pilih Convert To Bitmap, setelah itu masih pada menu Bitmaps > Blur > pilih Gaussian Blur... atur pada slider Radius untuk memperhalus objek bitmap tersebut.

8. Hasil akhir seperti gambar dibawah ini, selesai

Demikian semoga bermanfaat ...salam vector.


Membuat Pola Dengan Polygon Tool Di CorelDRAW
Pertanyaan di Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia "klo di corel bikin seperti ini gmn yah...."

Hasil akhir gambarnya seperti ini:


Contoh gambar asli dari yang bertanya seperti ini:


Caranya sebagai berikut:

1. Ubah gambar bitmap menjadi transparan sebagai panduan untuk menjiplak, kemudian buat objek poligon lima sudut dengan Polygon tool


2. Pilih Shape tool kemudian seleksi node objek poligon dengan cara dragging, selanjutnya pencet Convert to curve di Property Bar


3. Edit kurva dengan cara di seret-seret pada garis atau navigasi bentuk panah yang warna biru itu sampai membentuk gambar yang kita inginkan


4. Kemudian buat objek lingkaran ukuran sembarang pada layer baru sebagai panduan langkah selanjutnya


5. Drag atau geser ke tengah objek poligon sampai muncul tulisan 'center' 


6. Hasilnya seperti ini, posisi objek lingkaran sudah center tengah dengan objek poligon



7. Samakan besar objek lingkaran dengan objek poligon caranya pencet tombol Shift dan dragging keluar pada handle pojok yang warna hitam itu, selanjutnya hiden atau sembunyikan dulu objek lingkaran agar tidak menggangu.


8. Langkah selanjutnya seleksi objek poligon dan pencet tombol (+) di Numpad untuk menggandakan objek tersebut dan dragging ke dalam untuk mengecilkan objek poligon hasil penggandaan tersebut


9. Selanjutnya seleksi kedua objek poligon tersebut dan pencet Combine di Property Bar untuk menyatukan kedua objek tersebut


10. Beri Warna hitam di Color Palette, hasilnya seperti gambar dibawah ini


11. Langkah selanjutnya tampilkan kembali objek lingkaran tadi, kemudian seleksi objek poligon dan pencet tombol (+) di Numpad untuk menggandakan kemudian pada Property Bar pencet tombol Mirror vertically 


12. Hasilnya seperti gambar dibawah ini


13. Dan seleksi objek poligon hasil penggandaan tadi dengan objek lingkaran dan pencet tombol huruf B (bottom) di keyboard, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini


14. Buang objek bitmap yang untuk menjiplak dan buang juga objek lingkaran karena sudah tidak diperlukan lagi, sehingga hasil ahkir akan seperti gambar dibawah ini


Komentar